Google

Electronic Commerce

Electronic commerce, yang biasa dikenal sebagai e-commerce atau eCommerce, atau e-usaha yang terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan internet yang meluas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), inventarisasi sistem manajemen, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik dalam siklus transaksi itu, meskipun dapat mencakup berbagai teknologi yang lebih luas seperti e-mail juga.

Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Online pengecer kadang-kadang dikenal sebagai e-tailers dan eceran online kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar telah elektronik commerce keberadaan di World Wide Web.

Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan yang disebut sebagai usaha-usaha atau B2B. B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan (misalnya pertukaran komoditi) atau terbatas pada spesifik, pra-kualifikasi peserta (swasta pasar elektronik). Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai bisnis-konsumen-atau B2C. Ini adalah jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan seperti Amazon.com. belanja online adalah suatu bentuk perdagangan elektronik di mana pembeli langsung secara online ke komputer penjual biasanya melalui internet. Tidak ada pelayanan perantara. Transaksi jual beli selesai elektronik dan interaktif secara real-time seperti Amazon.com untuk buku-buku baru. Jika perantara hadir, maka penjualan dan transaksi pembelian disebut perdagangan elektronik seperti eBay.com.

Elektronik commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.

Sejarah

Yang dimaksud dengan electronic commerce telah berubah selama 30 tahun terakhir. Awalnya, perdagangan elektronik berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Ini adalah kedua diperkenalkan pada akhir tahun 1970, yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan perbankan telepon pada 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.

Dari tahun 1990-an dan seterusnya, perdagangan elektronik akan mencakup sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), data mining dan data pergudangan.

Contoh awal perdagangan elektronik banyak-ke-banyak barang fisik adalah Boston Computer Exchange, sebuah pasar untuk komputer yang digunakan diluncurkan pada tahun 1982. Sebuah Informasi online awal pasar, termasuk konsultasi online, adalah Pertukaran Informasi Amerika, lain Internet pra [klarifikasi diperlukan] sistem online diperkenalkan pada tahun 1991.

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menciptakan web browser WorldWideWeb dan mengubah jaringan telekomunikasi akademik ke dalam sistem orang umum komunikasi di seluruh dunia sehari-hari disebut internet / www. perusahaan komersial di Internet sangat dilarang sampai tahun 1991. Meskipun Internet menjadi populer di seluruh dunia sekitar tahun 1994 ketika belanja online internet pertama dimulai, butuh waktu sekitar lima tahun untuk memperkenalkan protokol keamanan dan DSL terus memungkinkan koneksi ke Internet. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan bisnis Eropa dan Amerika menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web. Sejak itu orang mulai mengaitkan "kata dengan kemampuan membeli berbagai barang melalui Internet menggunakan protokol aman dan layanan pembayaran elektronik.
[Sunting] Timeline

* 1979: Michael Aldrich diciptakan belanja online
* 1981: Thomson Holidays, Inggris pertama B2B belanja online
* 1982: nasional diperkenalkan di Prancis oleh France Telecom dan digunakan untuk pemesanan.
* 1984: Gateshead SIS / Tesco pertama B2C belanja online dan Mrs Snowball, 72, adalah pembelanja rumah pertama online
* 1985: Nissan Inggris menjual mobil dan keuangan dengan kredit memeriksa untuk pelanggan online dari banyak dealer '.
* 1987: Swreg mulai menyediakan penulis perangkat lunak dan shareware sarana untuk menjual produk secara online melalui account Merchant elektronik.
* 1990: Tim Berners-Lee menulis browser web pertama, WorldWideWeb, menggunakan komputer NeXT.
* 1992: J.H. Snider dan Terra Ziporyn mempublikasikan Future Shop: Bagaimana Teknologi Baru Akan Mengubah Cara Kita Shop dan Apa Kami Beli. St Martin's Press. ISBN 0-312-06359-8.
* 1994: Netscape Navigator browser rilis pada bulan Oktober dengan nama kode Mozilla. Pizza Hut menawarkan pemesanan online pada halaman Web. Bank online pertama akan terbuka. Upaya untuk menawarkan pengiriman bunga dan langganan majalah online. Shoplet didirikan, berusaha untuk menjual perahu dan mobil. Dewasa bahan juga tersedia secara komersial, seperti mobil dan sepeda. Netscape 1.0 diperkenalkan pada akhir tahun 1994 enkripsi SSL yang membuat transaksi aman.
* 1995: Jeff Bezos meluncurkan Amazon.com dan komersial bebas pertama 24 jam, stasiun radio internet, Radio HK dan penyiaran NetRadio mulai. Dell dan Cisco mulai agresif menggunakan Internet untuk transaksi komersial. eBay didirikan oleh programmer komputer Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb.
* 1998: perangko pos elektronik dapat dibeli dan di-download untuk pencetakan dari Web.
* 1999: Business.com dijual seharga US $ 7,5 juta untuk eCompanies, yang dibeli pada tahun 1997 sebesar US $ 149.000. Peer-to-peer Napster meluncurkan FileSharing perangkat lunak. ATG Toko meluncurkan untuk menjual barang-barang hiasan untuk rumah.
* 2000: The dot-com bust.
* 2002: eBay mengakuisisi PayPal $ 1,5 milyar perusahaan Niche CSN Toko ritel dan NetShops yang didirikan dengan konsep menjual produk melalui beberapa domain yang ditargetkan, daripada sebuah portal pusat..
* 2003: Amazon.com posting pertama keuntungan tahunan.
* 2007:. Business.com diakuisisi oleh RH Donnelley sebesar $ 345,000,000
* 2009: Zappos.com diakuisisi oleh Amazon.com sebesar $ 928,000,000 Eceran Konvergensi, operator RueLaLa.com penjualan website pribadi, diakuisisi oleh GSI Commerce untuk $, 180 juta ditambah hingga $ 170 juta mendapatkan-out pembayaran berdasarkan. kinerja melalui 2012.
* 2010:. US eCommerce dan Online penjualan Eceran diproyeksikan akan mencapai $ 173.000.000.000, meningkat sebesar 7 persen lebih dari 2009.

Sumber :"http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_commerce"
read more...

Pendidikan Era Digital

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI, 2005: 1158), dan salah satu teknologi yang saat ini booming adalah internet. Seperti yang kita tahu, internet adalah suatu jaringan komunikasi dan informasi global (Internet Sehat, 2009: 3). Menurut hemat penulis, internet adalah ilmu yang paling cepat perkembangannya, hanya butuh hitungan hari bahkan jam untuk menanti munculnya produk baru. Internet mempunyai banyak sisi positif maupun negatif untuk anak.

Segi positifnya, misalnya internet bisa mendidik anak dengan lebih murah dan mudah. Sekarang, banyak institusi pendidikan yang menggunakan internet untuk pembelajaran. Kita bisa menyebutkan satu-persatu. Misalnya, Depdiknas mengeluarkan kebijakan buku digital. Terlepas dari berbagai kontroversi, itu adalah langkah yang sangat bagus, sebuah terobosan dalam dunia pendidikan. Selain pemerintah, institusi-institusi swasta maupun LSM pun tampak memperhatikan masalah pendidikan digital ini.
Institusi yang lain misalnya adalah komunitas internet-sehat. Itu adalah suatu komunitas yang mempunyai komitmen untuk menjalankan internet sehat dalam kehidupan mereka. Artinya mereka hanya akan mengakses konten internet yang berguna. Anggotanya terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat, mulai dari pemilik warnet sampai tokoh nasional. Salah satu kegiatan komunitas ini adalah mengampanyekan internet sehat untuk anak. Mereka menyampaikan kampanye itu dengan media yang unik, yakni menggunakan media komik anak dalam bentuk digital yang bisa diunduh bebas.

Materinya sangat cocok dengan anak. Jelas, bagi anak, komik ini sangat berguna dalam memahami seperti apa berinternet yang baik.Selain itu ada juga komunitas Terang. Mereka adalah sebuah komunitas peduli terumbu karang. Sama seperti komunitas internet sehat, mereka juga mengampanyekan penyelamatan terumbu karang lewat komik anak. Judul e-book itu adalah Bondan & Undul Menyelamatkan Terumbu Karang. E-book ini bercerita tentang Bondan seorang anak lelaki yang diajak oleh Undul, seekor ikan, menjelajahi samudera. Namun, di kedalaman samudera Bondan dan Undul malah harus menghadapi manusia-manusia perusak terumbu karang. Akhirnya, dengan akal Bondan dan Undul dengan dibantu teman-teman ikan lain, mereka berhasil mengamankan terumbu karang. E-book ini disajikan dengan bahasa yang sederhana khas anak. Bagi anak-anak, jelas e-book ini adalah suatu pembelajaran yang menarik bahwa menjaga terumbu karang itu penting. Kesimpulannya, manfaat teknologi, terutama internet, adalah sangat banyak. Asal syaratnya internet itu bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sumber : http://nyanyianbahasa.wordpress.com/2010/04/02/pendidikan-era-digital/
read more...

Etika Profesi Dan Tanggung Jawab Profesi

Pengertian Profesi dan Pelaksanaan

Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang tertentu atau jenis pekerjaan (occupation) yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetapi belum tentu dikatakan memiliki profesi yang sesuai. Tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup untuk menyatakan suatu pekerjaan dapat disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksaan, dan penguasaan teknik intelektual yang merupakan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek. Adapun hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaksana profesi.

1. Etika Profesi
Berkaitan dengan bidang pekerjaan yang telah dilakukan seseorang sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen (klien atau objek). Dengan kata lain orientasi utama profesi adalah untuk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi tanpa disertai suatu kesadaran diri yang tinggi, profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh seseorang seperti pada penyalahgunaan profesi seseorang dibidang komputer misalnya pada kasus kejahatan komputer yang berhasil mengcopy program komersial untuk diperjualbelikan lagi tanpa ijin dari hak pencipta atas program yang dikomesikan itu. Sehingga perlu pemahaman atas etika profesi dengan memahami kode etik profesi.

2. Kode Etik Profesi
Kode etik profesi merupakan sarana untuk membantu para pelaksana seseorang sebagai seseorang yang professional supaya tidak dapat merusak etika profesi. Ada tiga hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi :
•Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan. Maksudnya bahwa dengan kode etik profesi, pelaksana profesi mampu mengetahui suatu hal yang boleh dia lakukan dan yang tidak boleh dilakukan.
•Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Maksudnya bahwa etika profesi dapat memberikan suatu pengetahuan kepada masyarakat agar juga dapat memahami arti pentingnya suatu profesi, sehingga memungkinkan pengontrolan terhadap para pelaksana di lapangan keja (kalanggan social).
•Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi. Arti tersebut dapat dijelaskan bahwa para pelaksana profesi pada suatu instansi atau perusahaan yang lain tidak boleh mencampuri pelaksanaan profesi di lain instansi atau perusahaan.

3. Penyalahgunaan Profesi
Dalam bidang computer sering terjadi penyalahgunaan profesi contohnya penjahat berdasi yaitu orang-orang yang menyalahgunakan profesinya dengan cara penipuan kartu kredit, cek, kejahatan dalam bidang komputer lainnya yang biasa disebut Cracker dan bukan Hacker, sebab Hacker adalah Membangun sedangkan Cracker Merusak. Hal ini terbukti bahwa Indonesia merupakan kejahatan komputer di dunia diurutan 2 setelah Ukraine. Maka dari itu banyak orang yang mempunyai profesi tetapi tidak tahu ataupun tidak sadar bahwa ada kode Etik tertentu dalam profesi yang mereka miliki, dan mereka tidak lagi bertujuan untuk menolong kepentingan masyarakat, tapi sebaliknya masyarakat merasa dirugikan oleh orang yang menyalahgunakan profesi.

4. Kesimpulan
Kesadaran itu penting dan lebih penting lagi kesadaran itu timbul dari Diri kita masing - masing yang sebentar lagi akan menjadi pelaksana profesi di bidang komputer disetiap tempat kita bekerja, dan selalu memahami dengan baik atas Etika Profesi yang membangun dan bukan untuk merugikan orang lain.

Sumber : http://y0un13.blogspot.com/2006/03/etika-profesi-dan-tanggung-jawab.html
read more...

Komputer Dan Pemerintahan

Pemerintah pada dasarnya adalah pelayan masyarakat yang selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya dari waktu ke waktu.
Pemerintah di negara manapun di dunia ini, merupakan administrator data yang besar. Data merupakan salah satu bagian yang amat penting dalam administrasi pemerintahan. Lancarnya pelayanan amat tergantung dari kelengkapan data.
Berbagai jenis data seperti data kependudukan, perdagangan, kesehatan, industri, pegawai negeri, angkatan bersenjata, dll membuat pemerintah merupakan pemakai komputer terbesar.Berbagai jenis komputer digunakan untuk menunjang administrasi pemerintahan.

APLIKASI KOMPUTER DI PEMERINTAHAN

Berikut ini adalah jenis –jenis aplikasi yang penting yang menunjang kegiatan-kegiatan pemerintahan secara langsung baik yang bersifat operasional maupun yang mengarah kepada terciptanya kebijakan-kebijakan dalam masalah kenegaraan,
• Aplikasi kepegawaian
Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) adalah badan yang mengadministrasikan seluruh data kepegawaian. Aplikasi pengolahan datanya meliputi : kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi pegawai, penentuan masa pensiun.
• Aplikasi di pemerintahan daerah
Aplikasi komputer yang digunakan meliputi : bidang kependudukan (KTP), kepegawaian tingkat daerah, pajak-pajak daerah, perumahan dan lalu lintas.
• Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)

Dibandingkan dengan negara-negara maju, perkembangan aplikasi komputer dalam pemerintahan Indonesia tergolong lambat. Hal ini disebabkan karena :
• Biaya
• Sistem administrasi pemerintahan masih dalam proses pengembangan

Jadi, secara umum permasalahan yang timbul dengan adanya komputerisasi di pemerintahan belum cukup besar untuk dipermasalahkan secara nasional
Sedangkan di negara-negara maju, perkembagan aplikasi komputer dalam bidang pemerintahan berlangsung dengan cepat, sehingga komputerisasi mulai menimbulkan masalah di negara-negara tersebut.

PERKEMBANGAN APLIKASI KOMPUTER DALAM BIDANG PEMERINTAHAN DAN PERMASALAHANNYA (di Amerika Serikat)

1. Pengolahan data
Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli perangkat dan peralatan komputer yang menjadi tulang punggung pengolahan data pemerintahan

2. Sistem informasi raksasa
Tingkat pertumbuhan dalam penyimpanan informasi pada badan pemerintahan sangat tinggi begitu pula kemajuan pada bidang telekomunikasi. Hal ini mendorong diciptakannya sistem informasi ukuran raksasa yang melibatkan banyak basis data sekaligus.
Contoh :
• FEDWIRE (jaringan transfer data elektronik yang disediakan oleh federal reserve system)
• Sistem kartu kredit VISA
• American Express
• Sistem pengendalian lalu lintas udara dll...

Permasalahan yang timbul :
• Kerahasiaan dan kebebasan penggunaan informasi
• Peraturan penggunaan informasi
• Keamanan darimsistem informasi
• Keamanan transmisi data dengan enkripsi
• Ketergantungan pada ‘otomasi birokrasi’
• Jaminan dan hak penggunaan sistem informasi
• Penyusunan kebijakan untuk mengarahkan pengembangan selanjutnya

3. Otomasi birokrasi
4. Data yang berlebihan
5. Kemungkinan pemecahan


Sumber : http://nelly_sofi.staff.gunadarma.ac.id/
read more...