Google

Rangkuman

Nama : Siti Purwanti
NIM : 3105311041
Prodi : Sistem Informasi

Cara Menjaga Komputer

Cara Merawat Hardware:
a. Ruangan tidak berdebu, karena debu termasuk zat yang berpengaruh dalam menurunkan kualitas hardware.
b. Bersihkan layar monitor dengan menyemprotkan cairan pembersih ke kain halus yang bisa dijadikan pembersih, dan jangan menekan layar LCD terlalu kuat.
c. Bersihkan alat input utama, seperti mouse atau keyboard.
d. Periksa dan bersihkanlah kipas, power supply, serta heatsink CPU.
e. Gunakan stabilizer agar tidak ada loncatan arus listrik, dan tidak ada penurunan tegangan drastis.
f. Rawat hardisk dengan tidak membebani hardisk dengan file-file kurang penting (unnecessary files).
Untuk menjaga software perlu dilakukan:
a. Update OS dan software2 aplikasi
b. Update Driver
c. Update Firmware
Sumber : http://lafalofe.blogspot.com/2009/10/jaga-kesehatan-pc.html

Interaksi Manusia dan Komputer

Ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Prinsip kerjanya yaitu komputer diberikan data berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak praktis. Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer. Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).
Sumber :

http://nshafitri-imk.blogspot.com/

http://jauari88.wordpress.com/2007/10/23/pengertian-interaksi-manusia-komputer/


e-Bussines

e-Bussines adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung seluruh kegiatan usaha. Dalam prakteknya, e-business mengacu pada fokus yang lebih strategis dengan penekanan pada fungsi yang terjadi dengan kemampuan elektronik. E-bisnis melibatkan proses bisnis yang mencakup seluruh rantai nilai: pembelian elektronik dan manajemen rantai suplai, pemrosesan order elektronik, penanganan pelayanan pelanggan, dan bekerja sama dengan mitra bisnis. standar teknis khusus untuk e-bisnis memfasilitasi pertukaran data antara perusahaan. Pada dasarnya, perdagangan elektronik (EC) adalah proses pembelian, mentransfer, atau bertukar produk, jasa, dan / atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.
Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_business

e-Commerce

e-Commerce adalah usaha yang terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Sebagian besar e-Commerce dilakukan sepenuhnya dengan elektronik untuk virtual seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web. Namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan disebut sebagai usaha-usaha atau B2B. Sedangkan elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai bisnis-konsumen-atau B2C.
Sejarah e-Commerce
Awalnya, e-Commerce merupakan perdagangan elektronik berupa fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan perbankan telepon pada 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Dari tahun 1990-an dan seterusnya, perdagangan elektronik akan mencakup sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), data mining dan data pergudangan. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan bisnis Eropa dan Amerika menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web. Sejak itu orang mulai mengaitkan "kata dengan kemampuan membeli berbagai barang melalui Internet menggunakan protokol aman dan layanan pembayaran elektronik.
Sumber :"http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_commerce"


Pendidikan di Era Digital


Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI, 2005: 1158), dan salah satu teknologi yang saat ini terkenal adalah internet. Salah satu manfaat penggunaan internet adalah bisa mendidik anak dengan lebih murah dan mudah. Sekarang, banyak institusi pendidikan yang menggunakan internet untuk pembelajaran. Misalnya, Depdiknas mengeluarkan kebijakan buku digital, institusi-institusi swasta dan LSM seperti komunitas internet sehat, komunitas terang pun tampak memperhatikan masalah pendidikan digital ini. Manfaat teknologi, terutama internet sangatlah banyak. Asal syaratnya internet itu bisa dimanfaatkan dengan baik dan dengan tujuan yang baik juga.
Sumber : http://nyanyianbahasa.wordpress.com/2010/04/02/pendidikan-era-digital/

Etika Profesi dan Tnggung Jawab Profesi

Berkaitan dengan bidang pekerjaan sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen. Dengan kata lain orientasi utama profesi adalah untuk kepentingan masyarakat dengan menggunakan keahlian yang dimiliki. Akan tetapi profesi dapat dengan mudahnya disalahgunakan oleh seseorang seperti pada penyalahgunaan profesi seseorang dibidang komputer misalnya mengcopy program komersial untuk diperjualbelikan lagi tanpa ijin. Dalam bidang computer sering terjadi penyalahgunaan profesi contohnya cracker dan bukan hacker, sebab hacker adalah membangun sedangkan cracker merusak. Oleh karena itu perlu pemahaman atas etika profesi dengan memahami kode etik profesi.
Kode etik profesi merupakan sarana untuk membantu para pelaksana seseorang sebagai seseorang yang professional supaya tidak dapat merusak etika profesi. Ada tiga hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi :
a. Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.
b. Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan.
c. Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak diluar organisasi profesi tentanghubungan etika dalam keanggotaan profesi.
Sumber : http://y0un13.blogspot.com/2006/03/etika-profesi-dan-tanggung-jawab.html

Aplikasi Komputer di Pemerintahan

Perkembangan aplikasi komputer dalam bidang pemerintahan dan permasalahannya:
1. Pengolahan data.
Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli perangkat dan peralatan komputer yang menjadi tulang punggung pengolahan data pemerintahan
2. Sistem informasi raksasa.
Tingkat pertumbuhan dalam penyimpanan informasi pada badan pemerintahan sangat tinggi begitu pula kemajuan pada bidang telekomunikasi. Hal ini mendorong diciptakannya sistem informasi ukuran raksasa yang melibatkan banyak basis data sekaligus. Contoh: FEDWIRE (jaringan transfer data elektronik yang disediakan oleh federal reserve system), Sistem kartu kredit VISA, American Express, Keamanan transmisi data dengan enkripsi, dan lainnya.
3. Otomasi birokrasi.
4. Data yang berlebihan.
5. Kemungkinan pemecahan
Sumber : http://nelly_sofi.staff.gunadarma.ac.id/


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Rangkuman"

Posting Komentar