Google

Electronic Commerce

Electronic commerce, yang biasa dikenal sebagai e-commerce atau eCommerce, atau e-usaha yang terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau layanan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan internet yang meluas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), inventarisasi sistem manajemen, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik dalam siklus transaksi itu, meskipun dapat mencakup berbagai teknologi yang lebih luas seperti e-mail juga.

Sebagian besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam beberapa cara. Online pengecer kadang-kadang dikenal sebagai e-tailers dan eceran online kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar telah elektronik commerce keberadaan di World Wide Web.

Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan yang disebut sebagai usaha-usaha atau B2B. B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan (misalnya pertukaran komoditi) atau terbatas pada spesifik, pra-kualifikasi peserta (swasta pasar elektronik). Elektronik commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai bisnis-konsumen-atau B2C. Ini adalah jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan seperti Amazon.com. belanja online adalah suatu bentuk perdagangan elektronik di mana pembeli langsung secara online ke komputer penjual biasanya melalui internet. Tidak ada pelayanan perantara. Transaksi jual beli selesai elektronik dan interaktif secara real-time seperti Amazon.com untuk buku-buku baru. Jika perantara hadir, maka penjualan dan transaksi pembelian disebut perdagangan elektronik seperti eBay.com.

Elektronik commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.

Sejarah

Yang dimaksud dengan electronic commerce telah berubah selama 30 tahun terakhir. Awalnya, perdagangan elektronik berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Ini adalah kedua diperkenalkan pada akhir tahun 1970, yang memungkinkan perusahaan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan perbankan telepon pada 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.

Dari tahun 1990-an dan seterusnya, perdagangan elektronik akan mencakup sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), data mining dan data pergudangan.

Contoh awal perdagangan elektronik banyak-ke-banyak barang fisik adalah Boston Computer Exchange, sebuah pasar untuk komputer yang digunakan diluncurkan pada tahun 1982. Sebuah Informasi online awal pasar, termasuk konsultasi online, adalah Pertukaran Informasi Amerika, lain Internet pra [klarifikasi diperlukan] sistem online diperkenalkan pada tahun 1991.

Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee menciptakan web browser WorldWideWeb dan mengubah jaringan telekomunikasi akademik ke dalam sistem orang umum komunikasi di seluruh dunia sehari-hari disebut internet / www. perusahaan komersial di Internet sangat dilarang sampai tahun 1991. Meskipun Internet menjadi populer di seluruh dunia sekitar tahun 1994 ketika belanja online internet pertama dimulai, butuh waktu sekitar lima tahun untuk memperkenalkan protokol keamanan dan DSL terus memungkinkan koneksi ke Internet. Pada akhir tahun 2000, banyak perusahaan bisnis Eropa dan Amerika menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web. Sejak itu orang mulai mengaitkan "kata dengan kemampuan membeli berbagai barang melalui Internet menggunakan protokol aman dan layanan pembayaran elektronik.
[Sunting] Timeline

* 1979: Michael Aldrich diciptakan belanja online
* 1981: Thomson Holidays, Inggris pertama B2B belanja online
* 1982: nasional diperkenalkan di Prancis oleh France Telecom dan digunakan untuk pemesanan.
* 1984: Gateshead SIS / Tesco pertama B2C belanja online dan Mrs Snowball, 72, adalah pembelanja rumah pertama online
* 1985: Nissan Inggris menjual mobil dan keuangan dengan kredit memeriksa untuk pelanggan online dari banyak dealer '.
* 1987: Swreg mulai menyediakan penulis perangkat lunak dan shareware sarana untuk menjual produk secara online melalui account Merchant elektronik.
* 1990: Tim Berners-Lee menulis browser web pertama, WorldWideWeb, menggunakan komputer NeXT.
* 1992: J.H. Snider dan Terra Ziporyn mempublikasikan Future Shop: Bagaimana Teknologi Baru Akan Mengubah Cara Kita Shop dan Apa Kami Beli. St Martin's Press. ISBN 0-312-06359-8.
* 1994: Netscape Navigator browser rilis pada bulan Oktober dengan nama kode Mozilla. Pizza Hut menawarkan pemesanan online pada halaman Web. Bank online pertama akan terbuka. Upaya untuk menawarkan pengiriman bunga dan langganan majalah online. Shoplet didirikan, berusaha untuk menjual perahu dan mobil. Dewasa bahan juga tersedia secara komersial, seperti mobil dan sepeda. Netscape 1.0 diperkenalkan pada akhir tahun 1994 enkripsi SSL yang membuat transaksi aman.
* 1995: Jeff Bezos meluncurkan Amazon.com dan komersial bebas pertama 24 jam, stasiun radio internet, Radio HK dan penyiaran NetRadio mulai. Dell dan Cisco mulai agresif menggunakan Internet untuk transaksi komersial. eBay didirikan oleh programmer komputer Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb.
* 1998: perangko pos elektronik dapat dibeli dan di-download untuk pencetakan dari Web.
* 1999: Business.com dijual seharga US $ 7,5 juta untuk eCompanies, yang dibeli pada tahun 1997 sebesar US $ 149.000. Peer-to-peer Napster meluncurkan FileSharing perangkat lunak. ATG Toko meluncurkan untuk menjual barang-barang hiasan untuk rumah.
* 2000: The dot-com bust.
* 2002: eBay mengakuisisi PayPal $ 1,5 milyar perusahaan Niche CSN Toko ritel dan NetShops yang didirikan dengan konsep menjual produk melalui beberapa domain yang ditargetkan, daripada sebuah portal pusat..
* 2003: Amazon.com posting pertama keuntungan tahunan.
* 2007:. Business.com diakuisisi oleh RH Donnelley sebesar $ 345,000,000
* 2009: Zappos.com diakuisisi oleh Amazon.com sebesar $ 928,000,000 Eceran Konvergensi, operator RueLaLa.com penjualan website pribadi, diakuisisi oleh GSI Commerce untuk $, 180 juta ditambah hingga $ 170 juta mendapatkan-out pembayaran berdasarkan. kinerja melalui 2012.
* 2010:. US eCommerce dan Online penjualan Eceran diproyeksikan akan mencapai $ 173.000.000.000, meningkat sebesar 7 persen lebih dari 2009.

Sumber :"http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_commerce"
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Electronic Commerce"

Posting Komentar