Google

Pendidikan Era Digital

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia (KBBI, 2005: 1158), dan salah satu teknologi yang saat ini booming adalah internet. Seperti yang kita tahu, internet adalah suatu jaringan komunikasi dan informasi global (Internet Sehat, 2009: 3). Menurut hemat penulis, internet adalah ilmu yang paling cepat perkembangannya, hanya butuh hitungan hari bahkan jam untuk menanti munculnya produk baru. Internet mempunyai banyak sisi positif maupun negatif untuk anak.

Segi positifnya, misalnya internet bisa mendidik anak dengan lebih murah dan mudah. Sekarang, banyak institusi pendidikan yang menggunakan internet untuk pembelajaran. Kita bisa menyebutkan satu-persatu. Misalnya, Depdiknas mengeluarkan kebijakan buku digital. Terlepas dari berbagai kontroversi, itu adalah langkah yang sangat bagus, sebuah terobosan dalam dunia pendidikan. Selain pemerintah, institusi-institusi swasta maupun LSM pun tampak memperhatikan masalah pendidikan digital ini.
Institusi yang lain misalnya adalah komunitas internet-sehat. Itu adalah suatu komunitas yang mempunyai komitmen untuk menjalankan internet sehat dalam kehidupan mereka. Artinya mereka hanya akan mengakses konten internet yang berguna. Anggotanya terdiri dari berbagai macam lapisan masyarakat, mulai dari pemilik warnet sampai tokoh nasional. Salah satu kegiatan komunitas ini adalah mengampanyekan internet sehat untuk anak. Mereka menyampaikan kampanye itu dengan media yang unik, yakni menggunakan media komik anak dalam bentuk digital yang bisa diunduh bebas.

Materinya sangat cocok dengan anak. Jelas, bagi anak, komik ini sangat berguna dalam memahami seperti apa berinternet yang baik.Selain itu ada juga komunitas Terang. Mereka adalah sebuah komunitas peduli terumbu karang. Sama seperti komunitas internet sehat, mereka juga mengampanyekan penyelamatan terumbu karang lewat komik anak. Judul e-book itu adalah Bondan & Undul Menyelamatkan Terumbu Karang. E-book ini bercerita tentang Bondan seorang anak lelaki yang diajak oleh Undul, seekor ikan, menjelajahi samudera. Namun, di kedalaman samudera Bondan dan Undul malah harus menghadapi manusia-manusia perusak terumbu karang. Akhirnya, dengan akal Bondan dan Undul dengan dibantu teman-teman ikan lain, mereka berhasil mengamankan terumbu karang. E-book ini disajikan dengan bahasa yang sederhana khas anak. Bagi anak-anak, jelas e-book ini adalah suatu pembelajaran yang menarik bahwa menjaga terumbu karang itu penting. Kesimpulannya, manfaat teknologi, terutama internet, adalah sangat banyak. Asal syaratnya internet itu bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sumber : http://nyanyianbahasa.wordpress.com/2010/04/02/pendidikan-era-digital/
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pendidikan Era Digital"

Posting Komentar